Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 17, 2009

magnificent bromo










Selepas dari Gereja Katolik Palasari, kami jalan balik menuju gilimanuk untuk nyebrang ke ketapang. Waktu nyampe sana ternyata yang mau nyebrang banyak banget. Bis-bis rombongan studytour udah pada ngantri. Masuk ferry sekitar tengah malem deh, mana dingin banget. Untung aja gak ujan, kalo ujan tambah ribet. Di ferry bengong2 aja. Liat tv lagi setel karaoke-an lagunya gak jelas. Mau tidur juga berisik banyak yang jualan. Mau ngobrol juga ngantuk.

Pas mendarat di ketapang, bis langsung tancap gas. Secara jadwal udah molor takut ga kesampean liat bromo pas sunrise. Jam 3 pagi udah nyampe di daerah deket bromo. Tinggal tunggu carteran elf. Kami udah misuh2 karena elf ga dateng2 juga. Gak lucu kali nyampe bromo udah siang. Bener aja elf dateng jam 5. Sampe bromo jam 7 pagi, langit udah terang benderang. Memang dingin banget, kalo ngomong aja sampe keluar asap. Tapi tetep aja udah siang dan mengecewakan. Saking mengecewakan kami gak lanjut naek jeep untuk ke gunungnya. Apalagi naik kuda untuk sampai puncaknya. Cukup di bukit2 nya dan makan bakso sambil ambil foto2. Memang ada 1 keluarga dari rombongan yang pergi sampai puncaknya. Mau ikut mereka? Mana seru?

Tapi gak disangkal, bromo emang indah. Juga gunung batok yang diam dengan anggun disebelahnya. Panorama disana memang memukau. Dingin gak jadi penghalang demi melihat kecantikan alam ciptaan Tuhan. Memang mengecewakan karna gak sampe puncaknya. Apalagi ternyata dibawah kaki gunung batok yang berupa padang pasir terdapat pura untuk sembahyang warga setempat. Gw pernah lihat di salah satu majalah traveling untuk gambar dari pura tersebut. Rasanya kayak di negeri antah berantah, gara2 ditutupi padang pasir. Keren banget. Tapi memang kalo foto hasil jepretan sendiri, kalo di zoom berkali2 akan nampak samar2 pura dimaksud dibawah kaki gunung batok. Yah menghibur sedikit la ya. Tapi paling enggak jadi malahan ada PR yang suatu saat harus direalisasikan untuk kembali ke bromo.

Dari bromo, perjalanan dilanjutkan menuju jogja. Dan ternyata sampe dijogja jam 10 malam. Malioboro udah tutup. Mau kemana2 juga udah sepi. Jadi di jogja cuman nongkrong di terminal bis seberang hotel inna garuda, sambil makan sekoteng. Yah mau gimana lagi? Gitu deh namanya kalau ikut tur. Waktu harus bener2 diatur tepat. Tour leader harus bisa mimpin dan juga bertanggung jawab untuk semua jadwal kegiatan, jangan cuma janji di awal, tapi prakteknya gak begitu. Peserta juga harus disiplin waktu jangan seenaknya aja. Untung liburan akhir tahun 2008 kemarin gw jalan2 juga ke jogja jadi kekecewaan udah termaafkan. Tapi untuk liburan kali ini secara keseluruhan yah banyak kurangnya terlebih dari operator tournya yang terkesan amatiran. Tapi gak bikin gw jadi males liburan kok. Liburan tetep penting. Gak sabar malah mau liburan didestinasi yang berbeda. See you...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...