Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 03, 2013

kejadian tak menyenangkan di gbi senayan city



Cerita tentang jemaat yang nyolong uang kolekte di Gereja udah sering gue denger. Kadang kalo sodara-sodara kumpul suka cerita apa aja, salah satunya pernah cerita tentang itu.

Caranya macem-macem....

Dulu di Gereja masa kecil yang menemani gue tumbuh dewasa, box untuk kolekte ditaruh di depan pintu masuk Gereja dan tidak diedarkan, jadi jemaat yang datang di kebaktian hari minggu dan terbeban untuk memberi persembahan dapat memberikannya ketika tiba di Gereja.

Lah kalau tempat kolektenya berupa box dan dkunci pula gimana caranya bisa dicolong? Banyak jalan menuju Roma...bisa dicongkel, di balikin box nya biar duitnya keluar ....hahahhaha *Niat banget...

Kebetulan gue tau cerita ini karena gue sempet jadi pengurus Gereja.

Cerita dari sodara yang beda Gereja & menjadi majelis Gereja lain lagi, ada Oma-oma yang pas kolekte pura-pura masukin uang ke kantong kolekte tapi dia malah ambil uang dari kantong tersebut dan langsung masukin ke tas nya. *Pinter banget.

Ada juga pengurus yang ketika penghitungan uang kolekte malahan ambil uang kolekte tersebut ketika pengurus yang lain sedang meleng...

Kalo diatas gue cerita tentang pencurian uang kolekte Gereja,  sekarang gue yang malah dituduh nyolong uang kolekte. *Omaigat...

Gue baru ngeh nya sekarang setelah bertahun-tahun kejadian itu berlalu. Gara-gara di gereja gue yang sekarang kalo kolekte pake amplop, dan amplop tersebut dimasukkan ke kantong kolekte yang pipih yang tangan pun gak bisa masuk kedalam kantong tersebut. Gue jadi mikir kenapa ya kayak gitu? 

Ingatlah gue akan kejadian dulu waktu ibadah di GBI Senayan City, pengedar kantong kolekte yang laki-laki ber jas hitam yang notabene menjadi pengerja, waktu sesudah giliran gue memberikan uang kolekte kok menatap tajam ke arah gue sambil liatin tangan gue ? Karena merasa ditatap, ya gue tatap balik. 

Akhirnya gue tersadar, ohhhh....dia ngeliatin gue karena tangan gue masuk ke kantong kolekte tersebut terlalu dalam sehingga menimbulkan kecurigaan. Dipikirnya gue bakalan nyolong tuh duit kale. Well....maap ya....gue gak akan melakukan hal nista kek gitu...curiga sih boleh aja tapi gak keterlaluan juga kali ya....

Minggu berikutnya malahan sesudah gue memberikan uang kolekte, langsung dia menatap kantung persembahan tersebut untuk ngeliat duit yang gue kasih trus tersenyum sinis...

Hei pengerja Tuhan....pernah baca Injil Markus 12 : 41-44 tentang persembahan seorang janda miskin? Apa yang masuk ke kantung kolekte harus bergambar Soekarno Hatta saja? Mau kasih berapapun itu urusan gue sama Tuhan....

Kalau boleh kritik, menjadi pengerja Tuhan itu berarti menjadi pelayan bagi jemaat, so...berlakulah yang sopan...memang betul mayoritas yang ikut ibadah itu orang-orang the have, semua wangi parfum mahal dan semua yang melekat di badan barang-barang branded, belom lagi perhiasannya....tapi tolong gak usah diskriminasi & melecehkan orang lain....

Apa setiap ke gereja musti pamer barang-barang branded yang gue punya biar tidak dipandang sebelah mata?

Well, gue sih mau ketemu Tuhan, bukan ketemu orang...

Semoga kedepannya GBI Senayan City lebih baik...dan gak ada kejadian kayak gini lagi yang menimpa orang lain selain gue....

You're gonna like it too : my church : just a thought

26 komentar:

  1. waw!!! emejing bngt ceritanya. gw jg grj di sensi. klo gw digituin psti uda gw ributin tuu pengerjanya huehehee...

    BalasHapus
  2. well, seharusnya menjadi koreksi buat kita semua...tapi perlu dicatat pengerja tanpa umat emang mau melayani siapa?

    BalasHapus
  3. perasaannya aja kali terlalu di tatap sinis, emang mata orang begitu

    BalasHapus
  4. staring aja bisa dianggap gak sopan loh....

    well, Tuhan pasti lebih tau soal ini apakah perasaan gue aja atau emang begitu adanya...

    BalasHapus
  5. ahh sbnernya gak prlu diurusin juga bro
    tiap2 org berhak utk suudzon ma org lain, tp yg Judge biarlah BABE disorga. bersyukur aja klo difitnah atau dituduh, itu artinya lo uda bErhak msuk ujian kesabaran yg nExt lEvel.sbnernya mau di greja mnapun kurang lebih ada lah yg spt itu. dan selama kira2 5-6 thn grEja di senci, mungkin pakaian ane yg paling gembel.krn bg gw gereja adl Personal thing.others, Egp. ttp sEmangat bro..

    BalasHapus
  6. thx ya udah ikutan sharing....anyway knp namanya anonim semua ya? wkkwkkw

    BalasHapus
  7. gw tadinya gki pangpol, cm krn jauh akhirnya pindah ke gbi. tp gw merasa knp di gbi tdk diseleksi utk yg menjd pengerja ya.. mmg berlandaskan kasih, tp tdk tegas.. gw tau 1 org yg kl berdoa heboh bgt, dia pengerja di gereja gw,, aktif abis smp anak2nya dicuekin.. dia seorg ibu. n she' s a big liar.. itu gw kaget bgt begitu gampangnya memutarbalikkan omongan.. nah gw lgsg ill feel
    . mmg ga blh blame gerejanya ya, tp ini gbi lho, bkn gki etc.. keknya lbh dlm ketuhanannya hrsnya.. thinking about going back to gki lah..

    BalasHapus
  8. Gue pikir semua gereja sama aja dengan konflik2 didalamnya. Tapi memang untuk cari gereja yang sesuai dengan hati sepertinya bakalan susah, karena sekarang ini orang cuman mentingin dirinya sendiri. Bagaimanapun juga ya harus dicari sampai mantap biar iman kita bertumbuh dan dewasa secara rohani.

    BalasHapus
  9. Baca postingan lw, gw jadi inget tmen (grja di gbi senci juga) yg pernah judge gw kurang gbi (krn gw awalnya bukan gbi n pindah krn lokasi). smoga dia baca postingan ini n sadar, apapun grejanya, benar atau ga itu balik lagi pribadinya.

    BalasHapus
  10. Bertobat bro. Jangan sembarangan mengeluarkan firman Tuhan, apalagi untuk melampiaskan kegundahan hati lu. Bro, itu gereja bro, dan orang yang bertugas mengambil kolekte itu juga adalah pelayan Tuhan. Di rumah Tuhan, seharusnya kita ngejauhin pikiran2 negatif kaya gitu. Dia mengawasi kantong kolekte itu, soalnya itu memang tanggung jawab dia. Dia hanya berwaspada, bukan mencurigai. Bertobat bro. Seengganya dia ada pelayan Tuhan, dia memberi kan waktunya, tenaganya untuk ngelayanin Tuhan. Kalo lu, apa yang udah lu lakuin buat Tuhan?

    BalasHapus
  11. halo...
    ini kan pengalaman gue ya, jadi ya mustinya gue yang lebih ngerti.

    kalo denger komen kamu seakan-akan kamu ada disitu dan ikut terlibat padahal enggak loh. gue pikir gak bijak kamu komen seperti itu.

    gue berani nulis karena itu yang gue rasa karena gue yang mengalami. nah sekarang kamu ngejudge gue atas dasar apa?

    kalo kamu baca komen diatas, gue ada tulis "well, Tuhan pasti lebih tau soal ini apakah perasaan gue aja atau emang begitu adanya..."

    so, Tuhan yang lebih tau gue salah atau engganya dibanding kamu loh.

    kalo terakhir kamu tanya udah lakuin apa untuk Tuhan? mungkin itu ide yang bagus buat bikin blog selanjutnya. Pamer mode ON

    thx ya bro

    BalasHapus
  12. Bro sory ni. Kalo menurut gw kita ga bole mikir negative. Ga perlu kepikiran tertuduh. Ya kdg mmg ada org yg body languagenya kaya gt. Gw si ke gereja demen dandan wangi. Ya karena gw mmg suka wangi. Dan menurut gw kita anak Tuhan harus penampilan rapih donk. Kl kita di berkati bs pake baju yg sopan wangi n sosial Tuhan jg pst seneng lah. Ini kan bkn jaman yohanes yg jengotan tidur n cari makan di hutan. Ini 2014 bro di mana org2 liat elo dr penampilan. Sorry ya kalo ge lancang. Kita anak Tuhan ga bole feel condemn bgt. KITA liat umat Tuhan jgn dr pekerja yg haram. Byk org yg baik2 kok di luar sana. So sorry about ur story ya Take care bro. GBU.

    BalasHapus
  13. Hai...

    Kalo point kamu wangi, rapih dan sopan, coba kamu liat lagi performance gue di blog-blog ini...apakah gue termasuk orang yang terawat atau minimal bisa merawat diri apa enggak? dan lagi point gue bukan itu kalo kamu baca ceritanya bener2.

    Gue pikir gue udah cukup dewasa untuk menilai sesuatu baik atau buruk. dan gak berarti pernah gue nilai negatif seterusnya bakalan negatif.

    Dan yg paling penting, gue bikin blog bukan buat dikomentarin org2 banyak, gue cuman suka nulis dan subjeknya bisa siapa aja. kebetulan blog gue ini bukan type ttg riset yang membutuhkan referensi banyak tapi lebih ke pengalaman pribadi.

    Isinya ya sesuai dengan kata hati.kalau kebetulan isinya ttg kritik ya lebih bagus kalo org yg bersangkutan baca jd bs introspeksi tapi kalau enggak pun ya gak apa karena gue cuman cerita apa yg ada di otak. gak setuju sama gue? boleh aja.

    dan kalau menurut kamu, gue cuman menjelekkan ya terserah penilaian kamu. gue cuman mau jujur dan semoga gak ada lagi orang yang diperlakukan seperti gue.

    BalasHapus
  14. sebagai pengedar kantung sprtnya harus tetap pasang senyuman di wajahnya saat melayani setiap jemaat, terlepas apa ada yg ngemodusin saat tangan yg seharusnya memberi itu malah mengambil yg bkn haknya, disaat itu itungannya udah lngsng berhubungan sm yg diatas kan..?

    dan buat penulis *puk2* coba bls ksh senyuman 2 juta mega voltnya.., mungkin dia terlalu tegang dengan tugas yg diembannya..

    BalasHapus
  15. Hahahaaa...belajar mengasihi apapun yang terjadi...di tampar pipi kiri kasih pipi kanan...baru di liatin saja sih ga sakit kok...belon sampe di tampar.
    Jangan sampe hal sepele kaya gitu merusak damai sejahtera bro sepanjang hari.
    Setahu saya GBI Senayan City sangat disiplin untuk masalah pengerjanya.
    Dan asal tau saja kejadian org ambil uang kolekte dan termasuk ambil handphone etc sudah beberapa kali terjadi di sency, saya sedikit tau karena tiap minggu ibadah di situ.

    Pokoknya janga mundur sama Tuhan oleh karena Gereja atau Personal.

    BalasHapus
  16. Terima kasih untuk komentarnya.

    Saya ingin memberitahukan ini komentar Anonim terakhir yang akan saya publikasikan di blog saya ini. Untuk selanjutnya di konten apapun yang berkomentar dengan nama Anonim tidak akan dipublikasikan

    Untuk beberapa komentar masuk yang tidak nyambung, tidak beradab dan jauh dari sopan tidak akan saya approve, bukan karena saya takut atau tidak mau di caci maki tetapi lebih kepada etika. Silahkan bila ingin berkomentar dengan bahasa terpelajar apalagi saya yakin kalian sering beribadah which is masa sih bahasanya seperti tidak pernah dididik orang tua.

    Bukan berarti hanya komentar bernada pro terhadap pengalaman saya yang akan saya tampilkan tetapi komentar yang memang bener-bener layak untuk dipublikasikan.

    Di blog ini juga saya tidak menggunakan balasan atas komen terdahulu tetapi memberikan komen baru dimana maksudnya adalah komen ini saya tujukan untuk semua pembaca bukan hanya personal.

    Oya, beberapa waktu lalu saya menerima e-mail dari pembaca atas konten ini, dan saya tidak menangkap maksudnya apa? Jujur, saya tidak tertarik.

    Dan bila dari pembaca menyangka saya mengalami kepahitan, suka ngejudge, feel condemn bla bla bla, saya cuman ketawa aja. Kenapa? Peristiwanya saja sudah lama. Yang bikin inget cuman karena konten ini top rating. Itu saja. Selebihnya? Banyak urusan yang lebih penting daripada ngurusin masa lalu.

    BalasHapus
  17. Dibikin tersenyum aja Jo,dgn komen2 yg "sok bijaksana" dan terkesan "sok agamais".Saya udh byk tau n melihat sendiri karakter banyak pekerja gereja yg sbnrnya,yg jauuuuuh dr apa yg mereka sering gaung2kan saat ibadah.Saya cm tersenyum aja,krn kita ibadah utk mengagungkan nama Tuhan.Tetap semangat Jo menulis blog nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo,

      thx untuk komentarnya.

      betul, gak ada yang sempurna di dunia ini tapi gue mau disempurnakan seperti lirik salah satu lagu rohani.

      beberapa gereja yang saya ketahui sudah menyediakan amplop persembahan untuk dimasukan ke dalam kantong persembahan yang mana ini sesuatu yang lebih baik.

      agama saya Kristen dan Tuhan saya Tuhan Yesus, yang masih berpandangan negatif tentang saya mungkin tuhannya Senci

      bisa jadi kan?

      Hapus
  18. Ada komen yang saya tidak posting karena Anonim tapi komennya bagus, saya copas :

    Terlepas dari pekerja dan 'pendatang' mencurigakan atau ngga, kita semua itu melayani dan untuk melayani Tuhan. Masa melayani Tuhan sinis? Jangan bilang itu perasaan lah blablabla. Banyak pekerja yang merasa ekslusif dengan keberadaannya melayani ladang Tuhan. Padahal, kita semua melayani kan? Di rumah, sekolah, kampus, kantor, apapun, kita melayani. Pikir aja dulu dari akarnya, yang ngomong asal kacrut aja, yea well begitulah orang2 yang sensian. ���� Hehehe.

    Note buat pembuat blog: Lebih enak kalau nama gerejanya ga terlalu gamblang bro, biar ga terkesan menjelekkan suatu gereja, ga enak juga, padahal itu tergantung pekerjanya juga mau di gereja manapun. Sabar aja deeehh buat yang komen2 freak. Hehehe. Keep serving, spread the Love!

    Saya tambahin :
    Tidak bermaksud menjelekan, cuman kalo diilangin, terus ditujukannya buat siapa dong? kayak something missing, lagian saya mikirnya biar ada perubahan. Saya bertumbuh iman di GBI, mengalami baptisan Roh Kudus di GBI juga. Itu saya gak akan lupa dan bersyukur banget.


    Saya mau cerita sesuatu, gara-gara ada yang nulis begini di komen teratas, " Gw si ke gereja demen dandan wangi. Ya karena gw mmg suka wangi. Dan menurut gw kita anak Tuhan harus penampilan rapih donk. Kl kita di berkati bs pake baju yg sopan wangi n sosial Tuhan jg pst seneng lah. Ini kan bkn jaman yohanes yg jengotan tidur n cari makan di hutan. Ini 2014 bro di mana org2 liat elo dr penampilan."

    Begini ceritanya, waktu itu saya ibadah tengah minggu telat datang ( bukan GBI ). Nyari-nyari tempat duduk gak ketemu sampai nemu seorang ibu berpakaian mentereng. Wah, kebetulan kursi sebelah dia kosong tapi diisi tas LV yang harganya puluhan juta.

    Saya permisi dong, bu tempat duduknya kosong? Dijawab, engga-engga ada orang. Gue bingung lha jelas-jelas kosong tapi ya udah, balik lagi ke belakang dan berdiri untuk beberapa saat sampai ada ibu lain yang mau nyusuin anaknya sambil berdiri dan kasih tempat duduknya buat saya.

    Selama kebaktian jadi gak enak hati sama si ibu ini, berkali-kali tanya, " Bu, duduk lagi aja, saya yang berdiri." Tapi dia santai banget. Beres nyusuin anaknya, kita-kita pada geser-geser dan si ibu bisa duduk.

    Nah, saya tanya, penampilan seperti inikah? Ibu mentereng itu lebih memilih tasnya untuk "duduk" dibanding saya yang punya tubuh, jiwa dan roh. Pertanyaannya, tas LV butuh Yesus?

    BalasHapus
  19. This is funny. I never give a shit about people's expression when I'm at church as I'm there to worship my God with all my flaws. Gue bukan pengerja, gue ngga pelayanan, tapi gue rajin gereja tapi gue ngga pernah hafal2 muka pengerjanya, coz their faces don't mean much to me, let alone their expressions. Deep down pasti loe juga tau kok jawabannya kalo ada kemungkinan orang yang loe liat memang standard muka dan ekspresinya gitu. Dude, I was in radio and tv before I'm running my own company, I've seen various kinds of faces with heaps of expressions, be it fake or not, but at the end of the day, gue ngga peduli mau muka atau ekspresinya gimana. Lain kalo cara komunikasi ya, itu malah lebih frontal menurut gue (intonasi, body language etc)

    Kalo soal ibu-ibu with the LV bag, she was lucky I wasn't there, kalo liat begitu pas di depan mata gue, nah baru bisa berubah gue jadi singa, karena itu namanya ignorant, dan terlepas mau dia kakek2 nenek2 opung2 opa2 oma2 bapak2 ibu2 oom tante encik engkoh tampangnya borju (sama dong, you have money I have money) ngga peduli pasti gue babat, and I don't mind kalo nanti jadi sinis2an atau worst case scenario sampe nyolot2an di tengah2 kebaktian di tengah2 jemaat demi membela si ibu yang lagi netek'in. This happened before (different case, tambah panjang nanti ngetiknya) but I didn't give a shit about people lookin at me, coz if I was doing something right.

    Anw, this is your blog, you can pour your heart out to whatever extent, and I kinda like people like you, means you have dignity, but just a warm suggestion, don't take things too seriously, apalagi kalo cuma ekspresi atau setelan muka orang yang ngga loe kenal. Ngga penting banget kan kalo dipikir2.

    BalasHapus
  20. halo...thx untuk komennya, kejadiannya udah lama dan udah gak mikirin lagi sih sebenernya.

    banyak pembaca yang sampai sekarang masih ada yang mampir baca blog gue dan komen2 nyeleneh dengan nama anonim yang ngata-ngatain. entah gak ngerti bahasa indonesia atau baca separo-separo atau demen ngejudge, sok-sok ceramahin...apapun itu, gue gak peduli. ( emak bapaknya kasih nama anonim? )

    this is my story base on my true event, if you dont like it, should i care? or because the bad comments i will suffering by your words? ckck cekakak

    anyway, gue masih bergereja di GBI, gue gak pindah gereja. kalo ada yg komen jelekin GBI inilah itulah seakan2 ajak bikin kubu barisan sakit hati kayaknya terlalu pada berburuk sangka dan itu mungkin problem lo aja...gue sih cuman cerita doang. hehehe...so?

    BalasHapus
  21. Hi Joshua, this is your blog, you can do whatever you want. But since this is made public, people can do it as well. As simple as that.

    If you wanna see real changes, why dont u write ur comment/ suggestion directly to the Church.

    Pretty sure they have so called 'suggestion box' somewhere.

    Give it a thought.

    Thanks.

    BalasHapus
  22. Hi joshua, ini sekedar saran ya.

    Saya berjemaat dan melayani juga di salah satu rayon gbi di bawah bimbingan pdt.niko. Pengalaman saya, memang yg mencuri di gereja itu byk. Bahkan kotak utk amplop perpuluhan yg ditaruh d depan mimbar pun masih ada yg mengambil (kita lihat ulang dari cctv yg dipasang). Apalagi gereja besar, pasti org beranggapan kalau kolektenya gede2. Kami yg di sekretariat gereja aja kadang suka geleng2 kepala sendiri, niat bgt yg nyolong. Mulut kantong kolekte dikecilin pun, ada lho yg tega merobek samping kantong. Cara apapun yg kita lalukan, ttp aja masih bisa kecolongan.
    Utk yg jadi maling, memang itu urusan pribadi dia sama Tuhan. Tapi pelayan Tuhan kan jg hrs waspada. Kalo ada ketahuan, kan bisa langsung diselesaikan saat itu juga. Tidak mungkin kalau kita tau seseorang mencuri uang kolekte, terus kita biarkan saja. Kalau dia lsg ngeliat kantong, ya ga aneh, krn cuma itu waktu yg dia punya utk mengecek kantong. Setelah dari barisan anda, kan kantong lsg dilanjutkan ke barisan selanjutnya. Saya juga beribadah di gereja, and believe me, I know kantong kolekte itu bentuk dan ukurannya sperti apa. Kalau cuma memasukan sekepalan tangan, tidak akan dicurigai karena toh uangnya di bawah kantong. Kalau sampai dicurigai, berarti secara teori si anda memasukan tangan atleast sampe pertengahan antara siku dan pergelangan tangan. Apakah memang perlu utk memasukan tangan sebegitu dlmnya ke dlm kantong? Ada juga kan ayatnya. Jgn menjadi sandungan utk org lain. Kalau kita tau tindakan kita bisa menimbulkan kecurigaan, kenapa masih dilakukan?

    sebelum menilai org, introspeksi diri sendiri dulu. Kalau gerak gerik kamu mmg mencurigakan, ya jgn diulang.

    Kita ga bisa menuntut hati org kaya gimana. Kita yg harus atur hati kita sendiri. Kalau mau pake Firman Tuhan, ayatnya jg ada lho. Amsal 4:23a jagalah hatimu dgn segala kewaspadaan. Kita harus jaga hati kita sndiri, bukan org lain, bukan jg Tuhan, karena Tuhan kasih kita kebebasan utk berpikir. Kalau di gereja aja ga bisa menjaga hati sendiri, apalagi di dunia luar? :) Gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. carolina, yang kamu lakukan ke joshua itu.....jahat...

      Hapus
  23. Hai kak..agak minder jugak sih kalau di gbi sency itu kebayakan org haigh class..hehe..apalagi saya hanya org kecil biasa aja,saya jugak pernah kok di sinis gitu sama pegereja ya,agak tersunggung jugak sih,apalagi saya org ya agak kurang pd,tp saya tau di mata Tuhan kita semua sama kok,kalau dunia boleh melihat rupa dan harta,tp Tuhan Yesus tidak sama sekali,yg di lihat hati tulus dan ikhlas kita..thanks kak..semoga Tuhan Yesus memberkati..amin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...